
Rekayasa Perangkat Lunak
Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) membahas prinsip, metodologi, dan praktik terbaik dalam pengembangan perangkat lunak secara sistematis, terukur, dan berorientasi pada kualitas. Mahasiswa akan mempelajari seluruh siklus hidup pengembangan perangkat lunak (Software Development Life Cycle / SDLC) mulai dari analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan.

Informatika SMA Kelas X
Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi perancangan, dan pengembangan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan dan pengembangan tersebut. Informatika dilandasi oleh landasan berpikir yang dinamakan berpikir komputasional (Computational Thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi
dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan dan menyelesaikan persoalan. Bidang-bidang pengetahuan Informatika dibagi menjadi: Berpikir
Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktik Lintas Bidang (PLB). Bidang pengetahuan inilah yang akan dipelajari bersama di buku siswa ini. Isi materi setiap bab terdiri atas konsep/materi/teori terkait bidang tadi dan aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan oleh siswa. Aktivitas ini ada yang individu dan berkelompok. Aktivitas ini juga ada plugged (membutuhkan komputer)
dan unplugged (tidak memerlukan komputer). Harapannya siswa dapat memahami konsep dan implementasi Informatika dengan lebih baik dan bermakna.